Senin, 17 Agustus 2015

Cara jitu mengelola keuangan untuk profesi blogger ala Safir Senduk

Pada tanggal 1 Agusutus 2015 lalu, k0d0m0 mendapatkan kesempatan menghadiri seminar khusus blogger yang disponsori oleh Sun Life Financial Indonesia untuk mempelajari “Bijak Mengelola Keuangan“. Ada Safir Senduk sebagai pembicara tamu materi seminar, acara yang berlangsung di Cinema XXI, Plaza Indonesia, dipenuhi komunitas blogger. Dan menurut k0d0m0 cukup bermanfaat bagi para blogger. 

Dok: Sun Life

Masalah keuangan merupakan masalah yang harus dihadapi hampir setiap orang dari berbagai status maupun profesi, tak terkecuali profesi blogger. Sun Life Financial cukup peka terhadap situasi tersebut, sehingga mengajak para blogger mengintip tips bijak kelola keuangan. Bagi Sun Life Financial, di jaman serba teknologi dan media sosial, blogger adalah salah satu pilihan tepat untuk bisa menyebarkan informasi mengatasi permasalahan keuangan bagi masyarakat luas.

SunLife Financial yang memiliki kantor pusat di Toronto, Canada. Memiliki Visi Menjadi salah satu dari 10 perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia dan Misinya membantu keluarga Indonesia mencapai kesejahteraan dan kemapanan financial.

Bijak Mengelola Keuangan

Acara ini dibuka dengan kata sambutan dari Ibu Elin Waty, Direktur dan Chief Distribution officer PT. Sun Life Financial Indonesia dengan memperkenalkan diri dan penjelasan sekilas mengenai Sun Life Financial. Beliau bercerita bahwa Sun Life telah ada di Indonesia selama 20 tahun (1995). Produk Sun Life memiliki variasi dan menyesuaikan kebutuhan klien: proteksi dan pengelolaan kekayaan, asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan dan pensiun. Ia juga menuturkan perasaanya, betapa senang dirinya bisa membantu orang banyak dalam membantu masalah keuangan mereka. Selanjutnya, Ibu Elin tidak berlama-lama   dengan presentasinya, lalu memberikan acara selanjutnya untuk ‘dikuasai’ pembicara tamu Safir Senduk.

Dok:Sun Life

Elin Waty selaku Direktur dan Chief Officer PT.Sun Life Financial Indonesia dalam paparannya Sun Life Financial Indonesia memiliki variasi dalam menyesuaikan kebutuhan klien seperti Proteksi dan Pengelolaan kekayaan, pendidikan dan pensiun. Lalu, Sun Life Financial Indonesia ternyata Pionir Asuransi Syariah di Indonesia yang mendapat izin dari MUI.

Safir Senduk

Safir Senduk adalah seorang perencana keuangan yang humoris sering tampil di televisi, seminar,pelatihan dan juga sudah menerbitkan 10 judul buku salah satunya best seller yang berjudul “Siapa Bilang Jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya?” yaitu Safir Senduk. Dari situ K0d0m0 terpukau sampai mata berkaca-kaca untuk mendengarkan atau sekedar mendapatkan cipratan ilmu dari beliau.

Dok.Foto:Pribadi.

Menurut Safir Senduk, dalam mengelola keuangan bisa dilihat dari karakter seseorang. Bila seorang sering mengunakan otak kirinya – logika, ia akan berpikir penuh logika, berhati-hati dalam mengambil keputusan dan bertindak, serta terlalu serius dan “dalam” terhadap suatu hal. Sedangkan yang sering mengunakan otak kanan, ia lebih sering bertindak dengan insting. 

Lalu, otak bagian mana yang bagus agar kita mampu mengelola keuangan? Jawabnya, tidak keduanya. Jawaban yang benar adalah orang yang sering pakai otak kiri, perlu pelan-pelan mengendalikan otak kirinya itu dan pelan-pelan mengunakan otak kanan. Begitu pula sebaliknya. “Keseimbangan” ialah jawaban paling tepat agar perihal keuangan dan juga perihal lainnya berjalan baik dan lancar untuk terus dapat bertahan sekaligus menikmati hidup.

Karakter pribadi dapat mempengaruhi keuangan, termasuk bagaimana mengelola penghasilan, mengatur pengeluaran, memilih aset dan memilih investasi. karakter tersebut ada dalam Otak kita, Otak ada dua bagian berbeda fungsinya yaitu Otak kiri (Logika) dan Otak Kanan (insting).

Poin penting dalam mengelola keuangan adalah bagaimana kita bisa mengatur Cashflow atau arus keluar masuk uang dari penghasilan yang didapat, Beberapa Kiat bijak mengelola keuangan antara lain:
  • Miliki Investasi sebanyak mungkin.
  • Siapkan dana untuk masa depan.
  • Atur Pengeluaran.
  • Miliki Asuransi.

Memilih Investasi

K0d0m0 masih galau bagaimana cara yang baik dalam memilih investasi yang paling tepat?

Memilih Investasi yang paling Tepat antara lain:

Lihat dulu reputasi perusahaan bagus atau tidak,rangking-Nya, lalu perusahaan sudah mendapatkan award atau penghargaan, selanjutnya sudah berapa lama perusahaan menjalankan produk dan terakhir siapa yang mengelola.

Ada 3 Jenis Investasi terbaik yang harus di miliki agar menjadi kaya yaitu Saham, Manager Investasi ( Reksadana atau Unit Link) ,dan Property.
  1. Saham, dengan memiliki saham kita sama saja memiliki perusahaan tanpa perlu repot terlibat manajemen. Namun disarankan lebih memilih saham deviden di banding capital gain ( untung jual beli).
  2. Manager Investasi, dalam bentuk reksadana dan unit link keduanya dikelola oleh aset manajemen. untuk Reksadana kita dapat membeli di perusahaan asset management sedangkan unit link belinya diperusahaan Asuransi.
  3. Property, Membeli property pun harus pintar memilih daerah yang akan berkembang dan berpeluang dapat disewakan. BeberapaTips menyewakan property: Sewa dengan jangka pendek ,dan sewa ke banyak penghuni,atau membuat rumah kost-kostan.

“Jangan Bekerja Untuk Uang/Gaji, Tapi bekerjalah Untuk Bikin Aset”, quotes dari Safir Senduk.

Selain memilih investasi yang tepat K0d0m0 dan para blogger juga harus berhati-hati dan teliti sebelum berinvestasi agar tidak salah pilih, ada 5 hal ciri-ciri investasi bodong alias tipu-tipu yang perlu diketahui antara lain:
  • Biasanya Menjanjikan bunga sangat tinggi.
  • Janji akan mendapatkan uang Cash per Bulan.
  • lalu dijamin Tidak akan Rugi.
  • Mendapatkan Bonus dari member baru.
  • dan terakhir membuat Skema yang Mustahil.
Ada rumus perencanaan keuangan yang dibagikan: 30%-40% bayar cicilan hutang, 10% Bayar tabungan dan investasi, 10% Bayar premi asuransi , dan Sisanya untuk biaya hidup 50%.

Terima kasih Sunlife Financial Indonesia yang sudah mengundang K0d0m0. Dan Safir Senduk yang telah mencipratkan ilmunya, semoga dilain waktu dan kesempatan K0d0m0 dapat bertemu lagi.