Jumat, 14 Agustus 2015

Menjadi entrepreneur yang kreatif dan mempunyai inovasi bersama SEREMPAK

Jakarta - Pada hari Jum'at tanggal 14 Agustus 2015, k0d0m0 mendapatkan kesempatan emas dari SEREMPAK untuk menghadiri undangan acara "Diskusi bareng Pakar Sosial Media Marketing dan Komunitas Maker Movement." yang berlangsung di Kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Ruang Rapat Lantai 2, Jl.Medan Merdeka Barat No.15. 

Acara ini juga mengundang beberapa blogger dan komunitas robotik. Tamu pembicara Adiatmo Rahardi dari Techno Scientist, Founder of the largest indonesian Robot Developer Community dan Robert AB (pengajar di Binus Business School).  Acara ini di buka oleh bapak Alwi dari KPPA dan Ibu Martha Simanjuntak dari Serempak. 

Foto:Dok.pribadi

Maker Movement
Adiatmo membahas tentang Maker Movement dan berbagi pengalaman tentang entrepreneur. Beliau melalui komunitas robotiknya menceritakan suka duka serta manfaat jika bergabung dengan komunitasnya. Maker Movement juga pernah berpartisipasi di acara @america. Dari komunitas high tech dan low tech. Dan ada satu hal lagi yg k0d0m0 dengar dari pernyataan beliau yaitu Maker movement di Indonesia memiliki wadah bernama Makernesia. Rencananya akan dibuat Maker Basecamp. Maker Basecamp seperti tempat berkumpulnya para pecinta Maker. Dimana tujuannya menyiapkan generasi muda berkreasi, membuat barang sendiri. 

Maker Movement juga akan mengadakan program maker kid yang bertujuan supaya anak-anak lebih kreatif membuat sesuatu. Dan membentuk anak jadi kreatif dengan menjadi produsen. Bahkan diluar negeri sudah ada silabus/kurikulum buat anak dalam hal pembelajaran industri kreatif kata Adiatmo. Pantas menurut k0d0m0 anak generasi masa kini tidak terbiasa membuat sesuatu dari idenya sendiri terlalu dimanjakan dengan gadget atau produksi luar negeri. Pembelajaran menjadi sorang Maker bisa melalui internet, anak-anak bisa belajar dari website instructables Di website Instructables anak bisa mengetahui, langkah demi langkah membuat suatu karya. 

Foto:Dok.Pribadi

Yang K0d0m0 analisa bahwa misi Gerakan Maker Movement, intinya mengajarkan kita bisa membuat produk sendiri dan terlepas dari ketergantungan yang selama ini ada disekitar kita yang di ciptakan oleh pabrik/produksi massal. Dan juga tujuan maker movement:mengubah pola dari konsumen menjd produsen. Sebenarnya Indonesia bisa mandiri, tidak butuh barang branded yang mahal. Biasakan membuat barang sendiri kata Adiatmo Rahardi.

Be a Good Entrepreneur
Adiatmo Rahardi mengatakan jika "Kedisiplinan adalah faktor utama dalam keberhasilan seorang entrepreneur, kita bisa mulai dgn menjadi bos buat diri kita sendiri.". Dan disamping itu  leadership sangat diperlukan dalam membangun usaha. Ketika berada di pucuk pimpinan, harus bisa memilah informasi yang benar. Tujuannya agar menjadi business owner yg tahu proses dari awal hingga akhir, tidak sebatas menanamkan modal. Dan siap dan mengerti bagaimana pembuatan produk.

"Untuk bisa menjadi seorang pengusaha harus siap menjadi prajurit perang"


Digital Marketing
Diskusi sesi ke dua, Robert AB sebagai pembicata tamu akan memberi wawasan tentang digital marketing. Robert yang juga pengajar di salah satu University Swasta akan berbicara tentang marketing of innovation dan turunannya. Beliau berpendapat Inovasi tak melulu soal produk tapi kinerja dan pola pikir juga bisa inovatif. 

Foto:Dok.Pribadi



"Pemasaran dan inovasi: 2 hal yg membuat Anda sukses dalam bisnis." 

(Peter Drucker)


Robert mengatakan menciptakan inovasi tentu saja harus valuable, punya nilai manfaat lebih dan efisien. Inovasi itu harus memiliki nilai dalam bentuk komersil atau ke masyarakat.

"Sesuatu yang dikatakan inovatif jika memberikan nilai tambah dan memiliki nilai yang baru dan didalamnya ada sebuah proses."


Serempak
Serempak Indonesia adalah sebuah Organisasi yang dibangun oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk membantu masyarakat dalam berkomunikasi dan menjembatani hubungan seputar Perempuan dan Anak yang di kelola dengan melibatkan masyarakat langsung dalam memberikan informasi dan berita mengenai Perempuan dan Anak. Segala informasi yang berkembang dan terkini. Karena masyarakat bisa terlibat langsung memberikan kontribusinya terhadap berita yang ditemukan sehari-hari dan menceritakannya langsung melalui website Serempak.

Tujuan portal Serempak yang disediakan oleh kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) untuk menampung dan mengolah aspirasi dan inspirasi dari kalangan perempuan dan anak-anak Indonesia. Mereka bisa menyampaikannya ke portal ini, segala hal yang perlu untuk disampaikan seputar masalah-masalah perempuan dan anak-anak, sehingga informasi bisa dengan cepat untuk di tindak lanjuti. Selain itu, Serempak juga sebagai media berbagi tulisan ataupun foto kegiatan masyarakat, atau bisa dikatakan ajang Narsisme, kata ibu Martha.  Dengan demikian, portal ini merupakan Sebuah inovasi dalam bidang teknologi, komunikasi dan  informasi untuk menjangkau masyarakat luas dengan efektif. Di Serempak kita bisa ikut berkarya, di website Serempak

Ani Berta, Ketua Pokja Kemitraan Portal SEREMPAK mengatakan kita dapat memuat tulisan yang inspiratif yang dapat dikirimkan ke email: serempak.indonesia@gmail.com atau kunjungi website www.serempak.or.id , atau follow twiter : @Serempak_ID.

Terima kasih Serempak dan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak telah mengundang k0d0m0 menghadiri acara yang sangat inovatif dan menambah wawasan tentang komunitas Maker Movement dan juga Digital Marketing lewat pembicara tamu yang hits dan fenomenal serta bergairah untuk membagikan ilmu kepada para newbie.