Senin, 10 Oktober 2016

Penyakit Diabetes menjadi salah satu penyakit paling menakutkan ketiga setelah jantung dan kanker.

Jakarta (1/10/2016) - Bertempat Cafe di salah satu pusat perbelajaan ternama kodomo menghadiri jumpa Blogger bersama Sunlife Financial Indonesia dengan tema, Cegah, Obati, dan Lawan Diabetes. Untuk kedua kalinya kodomo di undang oleh Sunlife. Sangat menarik serta menambah wawasan setiap Sunlife mengadakan acara.

Penyakit Diabetes menjadi salah satu penyakit paling menakutkan ketiga setelah jantung dan kanker. Di seluruh dunia tercatat 415 juta jiwa mengidap penyakit diabetes. Ironisnya, kebanyakan dari penderita diabetes tidak menyadari kalau mengidap penyakit gula darah ini. Kontrol dan minum obat secara rutin memang menjadi salah satu cara mengobati penyakit diabetes agar gula darah terjaga. Ini menjadi penting, karena 2/3 masyarakat Indonesia tidak menyadari kalau dirinya adalah seorang pengidap diabetes.



Menurut salah satu pembicara dr. Lily S Sulistyowati, MM, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk melawan diabetes. 

Pertama, lawan diabetes dengan cara hidup sehat yang disertai pengobatan tepat dan benar. Hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki nutrisi dan gizi yang baik serta menjauhi makanan yang berlemak menjadi salah satu cara melawan diabetes. “Tidak hanya pola hidup, pengobatan serta minum obat yang teratur menjadi cara yang efektif melawan diabetes” ungkap  Direktur Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini.

Kedua, diabetes bisa dilawan dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin setiap hari. Dr Lily mencontohkan, setiap pagi sebelum kerja bisa melakukan olahraga ringan yang membuat kita bergerak. Olahraga rutin setiap hari menjadikan tubuh lebih sehat dan berat badan juga terjaga. Salah satu penyebab orang terkena diabetes adalah karena mengalami obesiitas atau kegemukan. “Aktivitas fisik selama 30 menit membuat tubuh kita bugar, jangan mager terus di kamar ya” ujar dr Lily mengingatkan pentingnya aktivitas fisik.

Ketiga, mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi yang seimbang menjadi cara untuk melawan diabetes. Orang yang terkena diabetes sebaiknya konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. “Karbohidrat, protein, dan mineral harus seimbang. Kalau bisa kurangi makanan-makanan yang berlemak seperti gorengan” saran dr Lily. Konsumsi buah dan sayuran sangat disarankan untuk orang-orang yang terkena diabetes.

dr Lily dari acara jumpa blogger ini mengharapkan jika blogger dapat mengajak teman-teman di komunitasnya untuk dapat melakukan cek darah secara teratur. Cek darah ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada gejala diabetes di dalam tubuh.

Selain itu, blogger lewat tulisannya juga dapat mengajak masyarakat yang terkena diabetes untuk menjaga pola hidup dan rutin minum obat agar tetap sehat dan terkontrol gula darahnya. 

Sementara pembicara kedua Profesor. Sidartawan Soegondo, MD, PdD, F.A.C.E. lebih menyoroti bahaya penyakit diabetes. Menurut profesor ramah ini, sebelum terlambat, sebaiknya cegah diabetes dengan memiliki gaya hidup sehat.

Karena menurut Profesor Sidartawan, bila sudah terkena diabetes maka kita tidak akan pernah sembuh. “Bahaya diabetes itu bisa komplikasi ke mana-mana. Bisa ke ginjal bahkan bisa ke jantung” ungkap Profesor Sidartawan.



Profesor Sidartawan bercerita, penyakit diabetes tidak bahaya gejalanya, tetapi kalau sudah kena penyakit ini tidak akan pernah sembuh. Usia 40 tahun ke atas disebut Profesor Sidartawan sebagai usia-usia seseorang sangat rentan terkena diabetes.

Untuk mencegah penyakit diabetes, disarankan agar menjaga pola hidup, olahraga serta diet terutama terhadap gula. Profesor Sidartawan juga mengungkapkan fakta jika Di tahun 2040 diperkirakan 642 juta jiwa diperkirakan meninggal karena diabetes. 

Fakta yang tentu saja mencengangkan dan membuat saya dan mungkin kita semua tersadar akan pentingnya menjaga pola hidup agar terhindar dari penyakit diabetes.

Dalam kesempatan jumpa blogger bersama Sun Life Financial Indonesia ini hadir  Sherly Ge Head Marketing Sun Life Financial Indonesia yang memaparkan sejarah dan cikal bakal Sunlife Financial Indonesia berada di Indonesia.

Selain itu, Sherly juga memaparkan sekilas mengenai produk-produk Sun Life Indonesia. Iya, Sejak tahun 1995, Sun Life Financial Indonesia hadir dengan program yang lengkap mulai dari produk-produk proteksi dan pengelolaan kekayaan, termasuk asuransi jiwa, pendidikan, kesehatan, dan perencanaan hari tua.



Setiap tahun Sun Life Financial Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan di pasar di mana Sun Life beroperasi. Sun Life Financial Indonesia menurut Sherly Ge akan terus berupaya untuk meningkatkan produk-produk dan layanan-layanan kami demi memenuhi kebutuhan keuangan para nasabah.

Sun Life Financial Indonesia merupakan bagian dari Sun Life Financial, salah satu organisasi keuangan terkemuka di dunia. Didirikan pada 1865 dan berkantor pusat di Toronto, Kanada, Sun Life Financial beroperasi di berbagai pasar kunci di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar